Kebutuhan fungsional sistem informasi

DESKRIPSI KEBUTUHAN FUNGSIONAL SISTEM INFORMASI

(NASABAH <> TELLER)
                                                                                                                                                                                                      


1. PENGANTAR
Bank adalah suatu lembaga keuangan yang berfungsi mengumpulkan dan menyalurkan dana dan juga jasa lainnya. Kegiatan operasional bank dan pelayanan kepada nasabah atau calon nasabah tidak lepas dari manajemen yang di dukung penuh oleh system informasi.

Perkembangan system informasi yang pesat kini memberikan banyak kemudahan, keuntungan dan efisiensi waktu berbagai aspek berjalannya proses menabung dan lainnya. Dalam kehidupan sehari – hari tanpa disadari system informasi telah memberikan peranan penting, semakin majunya teknologi di dunia transaksi perbankan mulai menggunakan teknologi berbasis computer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah atau calon nasabah dan sangat erat hubungannya dengan kualitas pelayanan dibank kepada nasabah atau calon nasabah.

  1.1        Tujuan

System informasi perbankan digunakan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi system pengawasan dan pemeriksaan bank, menciptakan keseragaman dalam pelaksanaan tugas pengawasan dan pemeriksaan bank, mengoptimalkan pengawas dan pemeriksa bank dalam menganalisa kondisi bank sehingga dapat meningkatkan mutu pengawasan dan pemeriksaan bank, memudahkan audit trail oleh pihak yang berkepentingan, meningkatkan keamanan dan integritas data serta informasi

1.2       Cakupan

Dengan isi tujuan tersebut, maka terdapat system yang dipergunakan, yaitu dengan penerapan system informasi berbasis computer yaitu perangkat keras / hardware, perangkat lunak / software  dan pengguna  / brainware. Ketiga elemen tersebut saling berinteraksi dan dihubungkan dengan suatu perangkat masukan keluaran, yang sesuai dengan fungsinya masing masing.

1.3       Latar Belakang

Bank adalah suatu lembaga keuangan yang berfungsi mengumpulkan dan menyalurkan dana. Dimana kegiatan seperti tersebut menggunakan system informasi tambahan untuk menempatkan system dalam konteks. Seperti system informasi berbasis computer yang digunakan bank yaitu perangkat keras / hardware (Personal Komputer), perangkat lunak / software (Temenos T24 & Teknologi Operation Support System Function) dan pengguna / brainware (Teller & Staff Bagian Lain). Sedangkan layanan yang di sediakan untuk nasabah / calon nasabah yaitu Bank ATM, Bank SMS,Bank CALL, Bank Internet & Bank Mobile untuk mempermudah kegiatan yang diinginkan.

1.4     Referensi

Dari perkembangan zaman yang memanfaatkan system online.

1.5     Asumsi dan Kendala

1.5.1    Asumsi

a. Asumsi dari Bank Mandiri  adalah pada infrastruktur yang digunakan sebagai sarana Transaksi yang dilakukan secara elektronik, yaitu dapat diketahui jumlah saldo nasabah dapat diketahui lewat Bank Mobile.

b. Pada perubahan hukum (untuk penyidikan, penuntutan dan peradilan) melakukan pelatihan tenaga-tenaga teknis untuk pelaksanaan ketentuan-ketentuan yang disesuaikan dengan ketentuan “final act” (misalnya saja tenaga yang harus melakukan pemeriksaan substantive atas permohonan hak paten), penyediaan peralatan yang diperlukan (misalnya komputerisasiyang on-line dengan jaringan internasional untuk pelaksanaa perlindungan IPR) termasuk perubahan perundang-undangan yang berlaku secara nasional.
c. Pada bagaian tertentu dapat langsung menginput ke online agar meminimalisir kekeliruan.

1.5.2    Kendala

a. Kendala yang akan dialami yaitu berupa penabungan yang dilakukan menggunakan pembayaran non tunai serta kesalahan teknik dimana jumlah saldo dapat berkurang.

b. Miscommunication antara tenaga teknis hukum bank dengan pemerintah dan hukum nasional yang sering berubah – ubah.
c. Terputusnya jaringan teknis dari pihak Bank.


1.6   Gambaran Dokumen

  Gambaran dokumen pada Bank yaitu, seperti :

A.    Dokumen keuangan yang terdiri dari:

1.   Catatan : yang terdiri dari necara tahunan perhitungan laba rugu tahunan, rekening, jurnal transaksi harian, setiap tulisan yang berisi keterangan menengenai hak & kewajiban serta hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan usaha bank mandiri.

2.   Bukti pembukuan : terdiri dari warkat-warkat yang digunakan sebagai dasar pembukuan.

3. Data pendukung administrasi keuangan : yang berkaitan dengan keuangan untuk di gunakan sebagai pendukung penyusun dan pembuatan dokumen keuangan

B.     Dokumen lainya :

Terdiri dari data  atau setiap tulisan yang berisi keterangan yang mempunyai nilai guna bagi bank mandiri. Pemrosesan data yang digunakan dalam bank  tersebut menggunakan Sistem REAL-TIME. Dimana sistem ini memproses data secara langsung dan tidak langsung merekam  semua transaksi.

Pada Bank Ini memanfaatkan  teknologi yang di terapkan untuk  bank tersebut yaitu:

    1. Operation support system function

Jenis sistem ini di terapkan pada fungsi transtaction protecting sistem yaitu untuk memproses transaksi.

    2.  Data Marts & Data Warehouse

Dimana data ini melakukan proses secara langsung dan dapat melakukan transaksi itu secara online atau secara langsung tanpa melakukan pencatatan yang bersistem manual.

2. METHODOLOGY

Tata cara pendekatan yang dilakukan untuk mempermudah nasabah, dari Bank Mandiri menggunakan rool benner yang di pasang depan bagian teller atau menggunakan system online  di web bank mandiri yang bisa dii akses oleh nasabah.
  
3. PERSYARATAN FUNGSIONAL


   TELLER (Pihak Internal)       


  • Memeriksa data/slip setoran nasabah
  • Menerima & menghitung uang
  • Mencetak setoran nasabah
  • Menyerahkan tanda bukti setoran kepada nasabah

   NASABAH (Pihak Eksternal)

  • Mengambil nomer antrian
  • Mengisi slip setoran
  • Menyerahkan setoran
  • Menerima dan mengecek bukti slip setoran
                                                                                                                          
Universitas Stikubang (UNISBANK) Semarang
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
S1-Akuntansi

Comments